PPTI Internet (Tugas)


  • Jelaskan fungsi menu History pada web browser! Uraikan langkah-langkah untuk melihat dan menghapus History pada web browser!
fungsi History pada web browser adalah untuk mencatat apa apa saja yang telah kita jelajahi dalam sebuah web browser itu, ini berguna untuk mengetahui apa saja yang telah pernah kita jelajahi di waktu yang lampau. adapula bila kita sudah tidak menginginkannya biasanya kasus ini terjadi apabila kita menggunakan perangkat komputer publik (contohnya warnet) kita bisa melakukan hal sebagai berikut :
Untuk google chrome :
masuk ke coztumize and control google chrome, masuk ke tab history ( atau kita bisa langsung masuk  ke tab history dengan menekan tombol ctrl+H) , kemudian Klik clear all browser data, selesai.
  • Jelaskan fungsi Bookmark/Favorite pada web browser! Uraikan langkah-langkah untuk mengelola Bookmark halaman web favorit pada web browser!
Bookmark / Favorite ialah fungsi suatu web browser untuk menyimpan link/alamat sebuah web browser yang ingin kita simpan karena suatu alasan ( bisa karena web itu paling sering dikunjungi/ bisa karena web itu ingin kita kunjungi di masa depan). kita bisa mengelola bookmark dengan berbagai cara berikut.
pada google chrome :
1. kita bisa cukup menekan tanda “bintang” pada sebelah kanan form alamat web yang sedang kita buka
2. dengan menekan ctrl+d lalu simpan bookmark
3. dengan men drag and drop alamat pada form alamat web, ke dalam bookmark-bar.
  • Apakah yang dimaksud dengan Add-ons pada web browser Mozilla Firefox? Sebutkan 2 contoh Add-ons Extensions Firefox yang termasuk dalam kategori Privacy and Security dan jelaskan fungsinya masing-masing!
Add-ons untuk Firefox adalah modul-modul tambahan/pelengkap yang berfungsi untuk mempercantik tampilan,ataupun untuk memudahkan jenis-jenis pekerjaan tertentu di browser ini. Karena jumlah dan fungsi setiap add-ons untuk Firefox ini juga tidak sedikit, mencapai ribuan add-ons.
QuickPasswords 2.2.1 = Mengamankan password yang akan kita masukan tidak perlu megetikan password ulang.
BrowserProtect 1.1.3  = Memblock dan memperingatkan browser hijack pada firefox.
  • Apakah yang dimaksud dengan RSS Feeds? Jelaskan fungsinya pada aktifitas browsin Internet! Sebutkan 1 contoh aplikasi RSS reader dan uraikan langkah-langkah contoh penggunaannya!
RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol :
Rich Site Summary (RSS 0.91)
RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.
PENGGUNAAN
Program pengumpul di web tidak memerlukan pemasangan dan pengaturan, kita dapat melihat dan mengecek RSS kita di mana saja, asal ada browser dan koneksi internet. Beberapa layanan pengumpul RSS juga menyediakan penggabungan dan juga pencarian.
Sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya ada link dengan sebuah tombol bertuliskan XML atau RSS . Namun disarankan menggunakan RSS daripada XML agar tidak membuat kerancuan (sebab setiap RSS adalah XML, tapi tidak tiap XML itu RSS).
Contoh RSS Reader berbasis aplikasi seperti berikut:
1.    RSSOwl | RSS / RDF / Atom Newsreader 1.2.2
2.    FastTrackNews
3.    Recover Data RSS Reader 2.0.5
4.    RSS Feed Reader 2.1
5.    YeahReader 2.4
6.    Active Web Reader 2.45
7.    Snarfer
  • Jelaskan fasilitas email filtering pada penggunaan email! Uraikan langkah-langkah contoh penggunaan email filtering pada Gmail/Yahoo Mail/web mail lainnya!
Tergabung dalam beberapa milis seringkali membuat Inbox pada akun email Anda penuh sesak dan tidak terorganisir. Diantara sekian banyak email yang masuk tersebut, mungkin saja terselip email yang sangat penting. Namun akibat Inbox yang “ramai” tadi, email tersebut jadi tidak terbaca. Bagi Anda pengguna Yahoo Mail, Anda bisa memanfaatkan salah satu fitur Yahoo Mail untuk mengatasinya yaitu ‘Filter’. Filter memungkinkan Anda untuk menyaring email yang masuk dan mengaturnya ke dalam folder yang telah Anda tentukan. Berikut cara membuat filter pada Yahoo Mail :
Langkah 1
Masuk ke halaman Yahoo Mail dan login dengan ID Yahoo Anda. Dari halaman utama email Anda, klik tulisan Option yang terletak di pojok kanan atas dan pilih Mail Option.

Langkah 2
Dari halaman Mail Option pilih menu Filter. Yahoo mengizinkan Anda untuk menyimpan maksimal 100 filter, untuk membuat filter klik tulisanCreate or edit filters.

Langkah 3

Terdapat 3 pilihan submenu pada halaman Filter, yaitu AddEdit danDelete. Untuk membuat filter yang baru pilih Add.


Langkah 4
Disini ada 3 hal yang harus dilakukan, yaitu memberi nama filter, menentukan kriteria filter dan memberi nama foldernya.
Tulis nama filter yang hendak Anda buat pada kolom Filter Name. Pemberian nama filter tergantung sepenuhnya pada Anda, namun disarankan memilih nama yang sederhana. Contohnya buat filter dengan nama Internet.
Ada 4 variabel yang dapat digunakan untuk menentukan kriteria filter, Anda dapat menggunakan salah satu atau bahkan keempat variabel tersebut. Semakin banyak variabel yang dipakai, maka filter yang dibuat makin spesifik.
Berikut penjelasan masing – masing variabel :
  • From Header : Memilah email yang masuk berdasarkan pengirimnya.
  • To/Cc Header : Memilah email yang masuk berdasarkan penerima email.
  • Subject : Memilah email yang masuk berdasarkan judul emailnya.
  • Body : Memilah email yang masuk berdasarkan isinya.
Dari setiap variabel, Anda akan menemukan 4 kriteria seperti berikut :
  • Contain, Menyaring email yang mengandung kata tertentu.
  • Doesn’t Contain, Menyaring email yang TIDAK mengandung kata tertentu.
  • Begin With, Menyaring email yang diawali dengan kata tertentu.
  • End With, Menyaring email yang diakhiri dengan kata tertentu.
Mari kita buat contoh kasus yang sederhana agar mudah dipahami. Misalnya, Anda sering mendapatkan email dari Tuan Ahmad dan Anda ingin membuat filter untuk menyaring email tersebut. Maka, pada variabel From Header, Anda pilih kriteria Contain dan tuliskan alamat email Tuan Ahmad pada kolom disampingnya . Jika Anda ingin membuat filter untuk menyaring email SELAIN dari Tuan Ahmad, maka kriteria yang dipilih adalah Doesn’t Contain.
Contoh lain, jika Tuan Ahmad seringkali menulis ‘Pekerjaan’ padaSubject-nya (misalnya ‘Pekerjaan Minggu ini’ atau ‘Draft LaporanPekerjaan‘), maka selain menggunakan From Header, Anda juga bisa menambahkan variabel Subject dengan kata kunci ‘Pekerjaan’. Filter ini tidak akan memasukkan email dari Tuan Ahmad ke dalam folder jika pada Subject nya tidak memuat kata ‘Pekerjaan’.
Untuk artikel kali ini kita ambil contoh yang sederhana, email yang akan disaring adalah email dari alamat pengirim ‘net@mail.com’ dan dengan judul yang mengandung kata ‘Internet’.
Tentukan pada folder mana Anda akan menyimpan email yang telah disaring tadi. Pada Move the message to, pilih New Folder dan beri nama folder untuk filter tersebut. Terakhir, klik tombol Add Filter.

Langkah 5
Kini Anda telah memiliki 1 filter, untuk mengubah pengaturannya klikEdit. Jika ingin menghapus filter yang ada klik Delete.

Langkah 6
Sekarang kita kembali ke halaman utama Yahoo Mail, Anda akan menemukan folder yang telah Anda buat di kotak menu bagian kiri. Jadi nantinya, semua email yang telah Anda saring tidak akan masuk ke dalam folder Inbox, email tesebut akan langsung masuk ke dalam folder yang telah Anda tentukan pada menu filter.
Demikian cara membuat filter pada Yahoo Mail.
Categories: Lifestyle | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “PPTI Internet (Tugas)

  1. alay ya mas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: